Kamis, 30 Mei 2013

[RESENSI] CINTA KAMU, AKU..

Pemenang Lomba Resensi Noura Books


Judul           : Cinta Kamu, Aku
Penulis        : Irfan Ihsan
Penerbit      : Noura Books
Penyunting  : Rina Wulandari
Tebal Buku : 304 Halaman
ISBN         : 978-6027816-27-5
Harga         : Rp. 54.000

Sinopsis:

"... kalo di tanya apa saya masih sayang dia, saya akan jawab 'nggak'.. 
dan kalo sekarang saya di tanya, kapan terakhir kali saya melakukan kebohongan terbesar 
dalam hidup, saya akan jawab ... baru saja ...."



Aan tidak menyangka, pertemuannya dengan Risha akan membawanya pada suatu kerumitan dan kegalauan tak berujung. Aan hanyalah seorang penyair radio dengan air time pas-pasan, tunggakan uang kos, dan penyakit jomblo akut. Sementara, Risha, penyanyi papan atas yang tinggal di dunia yang jauh berbeda dari Aan, terkenal dengan suara merdu, kecantikan, dan segudang prestasinya. Namun, satu event pengubah takdir membuat cinta Aan dan Risha bertemu di satu frekuensi.

-----

Aku tak tahu mengapa hidup ini berasa tak adil, bagi Aan. Seorang penyiar radio yang mendapatkan job  satu kali setiap malam minggu itu merelakan status hubungan di facebooknya single sampai saat ini. Jangankan untuk memiliki pacar dan mentraktirnya, dia pun berusaha untuk bersembunyi dari ibu kos karena ia belum membayar sewa kos dari bulan lalu.

Hingga suatu malam mengubah seluruh hidupnya, saat tamu siaran yang tidak diundang -Mariesha Fauzia  seorang penyanyi cantik dan terkenal muncul di hadapannya. Saat itulah Aan jatuh cinta, dia tidak tahu bahwa Risha memiliki sebuah hubungan dengan pencipta lagu bernama Yudha, yang memiliki istri bernama Ratih.

Cipta Indonesia Music Award, saat takdir mempertemukan kembali Aan dan Risha. Saat itu Risha cemburu melihat Yudha menggandeng Ratih dan membantah gosip mengenai perceraian mereka, perceraian yang di janjikan Yudha pada Risha. Hingga Akhirnya sesuatu pun terjadi antara Risha dengan Aan.

Bagi Risha, Yudha adalah seseorang yang telah membuatnya merasakan cinta yang selama ini dia dambakan. Bagi Aan, Risha adalah cinta yang tak mungkin dia gapai. Sedangkan Yudha, seorang pria yang plin plan dengan pilihannya.

Ada dua konflik yang saling berhubungan dalam novel ini, yaitu konflik keluarga, bagaimana kisah keluarga Risha, keluarga Aan. Serta konflik perasaan antara Risha, Aan, Yudha dan Ratih. Bagaimana konflik itu terjadi? Beli dan baca bukunya! Ada banyak kejutan serta gejolak perasaan yang tak terduga.

Empat dari Lima Bintang saya berikan untuk novel ini.

Pertama, untuk setiap gejolak dan perasaan yang campur aduk dan secara apik penulis tuturkan. Tentang kejadian-kejadian yang sudah terduga maupun di luar dugaan kita. Seperti saat tiba-tiba bertemu dengan uwa Tini.

Kedua, untuk setiap lagu yang menyertai setiap kisah dalam novel ini. Lagu kadang menjadi bagian penting dalam hidup seseorang. Tentang bagaimana kita menyukai sebuah lagu dari kisah yang hadir bersamanya.

Ketiga, untuk ilmu mengenai dunia radio. Saya termasuk orang yang awam sekali dengan dunia penyiar. Namun, dalam buku ini saya dengan mudahnya masuk dan seolah-olah menjadi bagian dari mereka. Penulis dengan tajam mengulas setiap kejadiannya.

Biasanya, novel romantis tak jauh dari ucapan dan perlakuan kata gombal. Di dalam novel ini terdapat beberapa adegan lucu yang bikin kita tersenyum dan menyadari betapa hidup ini begitu indah. Dan dengan memaafkan kesalahan orang, memberikan ketegasan serta memilih yang terbaik membuat semuanya terasa lebih sempurna.

Cover novel ini tak jauh dari tema novel, warna yang cerah dengan headphone dan sebuah pemancar menandakan kekentalan akan dunia radio. Kalian yang suka cover cerah dan buku romantis, pasti tidak akan melewatkan buku yang satu ini.

Novel Cinta Kamu, Aku ini tidak membuat saya memberikannya lima bintang. Karena hal tersebut:

Pertama, biasanya setiap sinopsis di belakang buku selalu ada di dalam isi buku. Tapi di novel ini saya rasa tidak ada. Padahal yang pertama menarik perhatian saya adalah kata-kata di dalam tanda kutip di sinopsisnya.

Kedua, Banyak typo dan beberapa kata yang kurang enak di baca. Contohnya di Halaman 16:
(catatatn penulis: Terima kasih kepada orang-orang .. bla bla bla .. ) ini pula yang membuat saya merasa penulis ikut campur dalam cerita. Padahal bila saja hal itu di hilangkan, kita akan benar-benar masuk ke dalam novel tersebut. Pada awal buku ini penulis seolah menunjukkan siapa karakter dan tokoh-tokohnya dengan menyebutkan saya kenalkan atau contoh di halaman 26 (Maaf, saya nggak bisa memperkenalkan nama si sopir ... ) sebetulnya hal itu tak perlu di bahas. Juga pengulangan perkenalan tokoh, seperti mengenalkan parno, sampai dua kali. Meski pada awalnya buku ini agak membosankan tapi memasuki tahap pertemuan dengan Risha sampai akhir membuat saya tak berhenti membaca dan menamatkan novel ini dalam waktu satu malam.

Ketiga, Ada banyak ketidakkonsistenan waktu dalam novel ini. Untuk pembaca yang iya-iya aja dan menikmati bacaan mungkin tidak sadar dan kurang ngeh, tapi untuk pembaca yang sadar. Ada data dan waktu yang tidak sesuai.

Ada banyak kata-kata yang mengesankan dan tajam, langsung menancap dalam hati alias 'ngena banget'. Pokoknya buku ini wajib buat kamu yang suka dengerin radio, dengerin lagu, dan baca buku romantis. Apalagi pas awal baca buku ini adalah testimoni dari orang-orang yang kereen! saya aja sampe mimpi pengen bikin buku dan di komentarin mereka. hihihi Irfan Ihsan ini benar-benar membuktikan bahwa penyiar itu multitalenta, selain pintar bicara, menulis juga loh! ini buktinya.

Selamat membaca buku ini sambil dengerin radio, siapa tahu terjadi sesuatu yang tiba-tiba mengubah hidup kamu. :)

ASLI! INI BUKAN DRAMA RADIO...!!
HATI-HATI KITA BISA BERTEMU DI SATU FREKUENSI

6 komentar: